Logika Dan Algoritma Komputer


MATERI KD 3.1 SIMKOMDIG
PENGERTIAN DASAR LOGIKA DAN ALGORITMA

1.     LOGIKA
          Secara bahasa, logika berasal  dari kata logos yang artinya pemikiran. Secara istilah, Logika yaitu hasil pemikiran yang di sampaikan dalam kata-kata, tulisan maupun ferbal.

2.     ALGORITMA
Algoritma yaitu suatu prosedur atau langkah-langkah yang di gunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.
         Pertama kali diperkenalkan Oleh Ahli Matematika : Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi. Seorang ilmuan Persia yang menulis kitab al jabr w’al muqabala (rules of restoration and reduction) sekitar tahun 825 M. 

  • Kriteria Algoritma
Menurut Donald E. Knuth, dari pengertian algoritma diatas dapat diketahui bahwa sebuah algoritma yang baik yaitu algoritma yang mempunyai kriteria sebagai berikut : 
1.    Masukan (Input)
Algoritma mempunyai input 0 (nol) atau lebih
2.    Keluaran (Output)
Algoritma harus menghasilkan atau mengeluarkan minimal 1 output.
3.    Terbatas (Finite)
Algoritma harus berhenti setelah melakukan langkah-langkah yang diperlukan.
4.    Pasti (Definite)
Algoritma harus jelas kapan dimulai dan berakhir. Tujuan dari algoritma harus jelas. Setiap langkah-langkah harus dijelaskan dengan jelas.
5.    Efisien
Membuat sebuah algoritma haruslah efisien. Adanya langkah seperti mencari hasil 1 + 0 tidak efisien. Hal ini karena bilangan apapun itu jika ditambah dengan nol maka hasilnya ialah bilangan itu sendiri. Sehingga adanya langkah seperti itu tidak perlu dimasukkan ke dalam sebuah algoritma.












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi ku

Paragraf Deskriptif, Argumentatif, Naratif, dan Persuasif

Puisi sedih bikin nangis