Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Jenis Weblog
TENTANG
WEBLOG (BLOG)
1. Pengertian Weblog
Blog merupakan singkatan dari web
log yaitu bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting)
pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan
terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun
tidak selamanya demikian.
2. Sejarah Weblog
Media blog pertama kali dipopulerkan
oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi
oleh Google pada akhir tahun
2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada
perkembangan para penulis blog tersebut.
3. Fungsi Weblog
·
sebagai buku harian
·
Sebagai titik pusat untuk melakukan
kerjasama dalam menulis, berdiskusi, belajar ataupun bereksplorasi.
·
Menceritakan tentang sekilas info.
·
Menginformasikan tentang
sekumpulan link yang bermanfaat.
·
Menuangkan pemikiran – pemikiran
pribadi.
·
Menuliskan memo yang dapat dibaca oleh
banyak orang.
·
Saluran untuk memberikan informasi –
informasi tambahan dari petunjuk perusahaan.
·
Sebagai tajuk rencana, dimana fakta – fakta
dipadukan dengan pandangan pribadiIsi dari suatu blog biasanya
digunakan untuk menganalisa jalur dan jumlah dari pengunjung, banyaknya suatu
halaman web diakses, banyaknya penggunaan menu dan banyaknya
suatu banner diklik, jalur navigasi yang paling banyak
digunakan, file yang paling banyak di-download dan sebagainya.
4. Perbedaan Weblog dan Website
Website adalah sejumlah
laman online yang terhubung dalam satu domain, biasanya dikelola oleh individu,
perusahaan, institusi, organisasi, atau pemerintah.
Blog adalah kependekan dari web log yang berisi
konten seperti opini, pengalaman, atau aktivitas penulis.
5. Jenis – jenis Weblog
Ø Blog Pribadi
Blog pribadi adalah blog yang umumnya
dibuat hanya untuk sekadar mengisi waktu luang atau berbagi hal-hal dari kehidupan
sehari-hari. Blog jenis ini pada dasarnya adalah sebuah catatan online publik
sehingga topiknya bisa segala hal. Selain itu, blog pribadi tidak ditujukan
untuk menghasilkan uang. Meskipun demikian, pemilik blog jenis ini akan
tetap enjoy ngeblog .
Ø Blog otoritas (authority blogs)
Blog otoritas adalah blog yang dibuat oleh para blogger serius. Tujuan blog
tersebut adalah menjadi ahli di topik yang dibahasnya.Terkait konten, blog
otoritas umumnya tidak mementingkan kata kunci. Tak heran, blog otoritas
memublikasikan ratusan hingga ribuan artikel berkualitas karena topik yang
mereka bahas tidak sempit (misalnya kesehatan, rumah, pengembangan diri,
teknologi, dan lain-lain).
Ø Blog Niche
Blog niche fokus kepada sebuah kata
kunci tertentu yang diupayakan untuk masuk ke halaman satu mesin pencari.
Pembuatan blog jenis ini memiliki pola: riset kata kunci, pembuatan konten, dan
optimasi di mesin pencari.
Karena hanya menggantungkan pengunjung dari Google, kelemahan terbesar blog
niche adalah kehilangan pengunjungnya dalam waktu sekejap jika Google
memperbaharui algoritma pencariannya.
Ø Blog Perusahaan
Beberapa Perusahaan menggunakan blog
mereka untuk menginformasikan pengumuman penting, memperkenalkan produk dan
atau jasa baru, dan berkomunikasi dengan pelanggan. Oleh karena itu, blog jenis
ini umumnya tidak dimonetisasi dengan iklan-iklan pihak ketiga.
Ø Blog spam
Blog spam adalah blog yang dibuat dengan
tidak memperhatikan kualitas. Blog jenis ini umumnya berupa blog automatically
generated content (AGC) yang bisa dengan mudah dibuat dalam jumlah
masif. Pemilik tinggal menggunakan software (biasa juga kode tertentu
atau plugin) pengambil konten dari blog atau website orang lain dan blog mereka
akan dengan mudah terisi konten.
Komentar
Posting Komentar