Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Jenis Weblog


TENTANG WEBLOG (BLOG)

1.     Pengertian Weblog
Blog merupakan singkatan dari web log yaitu bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.
2.     Sejarah Weblog
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

3.      Fungsi Weblog
·        sebagai buku harian
·        Sebagai titik pusat untuk melakukan kerjasama dalam menulis, berdiskusi, belajar ataupun bereksplorasi.
·        Menceritakan tentang sekilas info.
·        Menginformasikan tentang sekumpulan link yang bermanfaat.
·        Menuangkan pemikiran – pemikiran pribadi.
·        Menuliskan memo yang dapat dibaca oleh banyak orang.
·        Saluran untuk memberikan informasi – informasi tambahan dari petunjuk perusahaan.
·        Sebagai tajuk rencana, dimana fakta – fakta dipadukan dengan pandangan pribadiIsi dari suatu blog biasanya digunakan untuk menganalisa jalur dan jumlah dari pengunjung, banyaknya suatu halaman web diakses, banyaknya penggunaan menu dan banyaknya suatu banner diklik, jalur navigasi yang paling banyak digunakan, file yang paling banyak di-download dan sebagainya.

4.     Perbedaan Weblog dan Website
Website adalah sejumlah laman online yang terhubung dalam satu domain, biasanya dikelola oleh individu, perusahaan, institusi, organisasi, atau pemerintah.
Blog adalah kependekan dari web log yang berisi konten seperti opini, pengalaman, atau aktivitas penulis.


5.     Jenis – jenis Weblog

Ø Blog Pribadi
Blog pribadi adalah blog yang umumnya dibuat hanya untuk sekadar mengisi waktu luang atau berbagi hal-hal dari kehidupan sehari-hari. Blog jenis ini pada dasarnya adalah sebuah catatan online publik sehingga topiknya bisa segala hal. Selain itu, blog pribadi tidak ditujukan untuk menghasilkan uang. Meskipun demikian, pemilik blog jenis ini akan tetap enjoy ngeblog .
Ø Blog otoritas (authority blogs)
Blog otoritas adalah blog yang dibuat oleh para blogger serius. Tujuan blog tersebut adalah menjadi ahli di topik yang dibahasnya.Terkait konten, blog otoritas umumnya tidak mementingkan kata kunci. Tak heran, blog otoritas memublikasikan ratusan hingga ribuan artikel berkualitas karena topik yang mereka bahas tidak sempit (misalnya kesehatan, rumah, pengembangan diri, teknologi, dan lain-lain).
Ø Blog Niche
Blog niche fokus kepada sebuah kata kunci tertentu yang diupayakan untuk masuk ke halaman satu mesin pencari. Pembuatan blog jenis ini memiliki pola: riset kata kunci, pembuatan konten, dan optimasi di mesin pencari.
Karena hanya menggantungkan pengunjung dari Google, kelemahan terbesar blog niche adalah kehilangan pengunjungnya dalam waktu sekejap jika Google memperbaharui algoritma pencariannya.
Ø Blog Perusahaan
Beberapa Perusahaan menggunakan blog mereka untuk menginformasikan pengumuman penting, memperkenalkan produk dan atau jasa baru, dan berkomunikasi dengan pelanggan. Oleh karena itu, blog jenis ini umumnya tidak dimonetisasi dengan iklan-iklan pihak ketiga.
Ø Blog spam
Blog spam adalah blog yang dibuat dengan tidak memperhatikan kualitas. Blog jenis ini umumnya berupa blog automatically generated content (AGC) yang bisa dengan mudah dibuat dalam jumlah masif. Pemilik tinggal menggunakan software (biasa juga kode tertentu atau plugin) pengambil konten dari blog atau website orang lain dan blog mereka akan dengan mudah terisi konten.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi ku

Paragraf Deskriptif, Argumentatif, Naratif, dan Persuasif

Puisi sedih bikin nangis